Kamis, September 23, 2021
Beranda Sumsel Banyuasin Edukasi Panitia Pilkades, Pemerintah Kecamatan Air Salek Adakan Sosialisasi Pilkades Serentak

Edukasi Panitia Pilkades, Pemerintah Kecamatan Air Salek Adakan Sosialisasi Pilkades Serentak

Lintassumatera.com | Banyuasin – Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Banyuasin yang akan berlangsung pada 17 November Tahun 2021 akan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan penanganan pandemi covid 19.

Oleh karena itu persiapan demi persiapan mulai dari teknis pelaksanaan maupun perlengkapan harus dipersiapkan sedini mungkin.

Oleh karena itu, Kecamatan Air Salek mengadakan sosialisasi bimbingan teknis pelaksanaan Pilkades serentak se-kecamatan Air Salek yang bertempat di Aula Desa Srikaton Jum’at, (09/07).

Camat Air Salek Sukimin S.Sos, M.Si menyampaikan, sebanyak 11 Desa yang akan mengikuti pemilihan kepala desa di Kecamatan Air Salek pada 17 November mendatang.

Oleh kerena itu, pemerintah Kecamatan Air Salek bersama Pemerintah Kabupaten Banyuasin mengadakan sosialisasi bimbingan teknis pelaksanaan Pilkades serentak guna memberikan edukasi dan pemahaman tentang Pilkades, sehingga nantinya, dalam pelaksanaannya Pilkades serentak se-kabupaten Banyuasin dapat berlangsung sukses, harapnya.

Adapun pedoman pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Banyuasin tahun 2021 adalah Peraturan Bupati nomor 115 tahun 2017, Perda Kabupaten Banyuasin nomor 3 tahun 2017, serta Permendagri Nomor 72/2020 tentang Perubahan Kedua atas Permendagri Nomor 112/2014 tentang Pilkades.

Salah satunya adanya kewajiban bagi cakades untuk menerapkan protokol kesehatan, dalam Permendagri itu juga diatur sanksi bagi calon kades yang melanggar protokol kesehatan bisa didiskualifikasi. Itu hukuman paling berat,” ujarnya.

Sanksi itu, kata Bapak Sukimin, tidak hanya berlaku bagi cakades. Tetapi, panitia pilkades juga wajib menerapkan protokol kesehatan dan juga ada sanksinya jika melanggar. Sanksi itu mulai sanksi teguran lisan, teguran tertulis, dan sampai diskualifikasi. “Sanksi melanggar protokol kesehatan itu diatur dalam pasal 44 poin E,” pungkasnya.

Dari pantauan media lintasumatera.com , para peserta sangat antusias dalam mengikuti sosialisasi tersebut.

Turut hadir dalam acara sosialisasi Camat Air Salek Sukimin S.Sos, MM, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Banyuasin Roni Utama di wakili sekretaris dinas Joni Gunawan S.sos MM, Kabid Kelembagaan Desa dan Kelurahan, Reni Novita, SKM,.M,Si, Anggota Pospol Air Salek, Babinsa, BPD dan panitia Pilkades se-kecamatan Air Salek.
(Mul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Bridge Banyuasin Matangkan Teknik Hadapi Porprov 2021

Lintassumatera.com | Banyuasin, Hadapi Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Sumatera Selatan 2021, sebanyak Delapan Atlet Bridge Banyuasin, rutin mengikuti latihan bersama di SMA Sandika...

Peduli, Suhardiman Lurah Rimba Asam Bantu Warga Kurang Mampu

Lintassumatera.com | Banyuasin – Kepedu­lian Lurah Rimba Asam Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin menindaklanjuti terka­it keluhan salah seo­rang warga kurang ma­mpu, patut diacungi jempol. Disebutkan, ada...

HUT RI ke-76 Ansory Yunus SE, Menggelar Kegiatan Turnamen Gap Dan Bulu Tangkis Tetap Terapkan Prokes Dimasa Covid 19

Lintassumatera.com | Banyuasin - Upaya Masyarakat memupuk Semangat generasi muda Indonesia Dalam memperingati rangka HUT RI ke 76 RT. 47,RW.17 kelurahan Sukajadi , Kecamatan Talang...

Jelang Porprov OKU Raya, GABSI Sumsel Gelar Rakor Virtual

Lintassumatera.com | Palembang - Pengurus Provinsi Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (GABSI) Sumatera Selatan, menggelar Rapat Koordinasi(Rakor) guna pemantapan persiapan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV)...

Recent Comments