Jumat, September 23, 2022
Beranda Sumsel Muba KPM PKH Wajib Tahu, Ternyata Ini Batas Waktu Kepesertaan PKH

KPM PKH Wajib Tahu, Ternyata Ini Batas Waktu Kepesertaan PKH

Lintassumatera.com | Musi Banyuasin
Dalam beberapa hari terakhir, Dinas Sosial Kabupaten Musi Banyuasin menugaskan petugas-petugas ke seluruh wilayah Desa/Kelurahan di kabupaten Musi Banyuasin untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program keluarga harapan (PKH).

Dalam monitoring tersebut sejumlah KPM dikumpulkan dan dilakukan wawancara asesment untuk menggali sejauhmana KPM memanfaatkan program yang telah diberikan. Monev dilakukan di Desa Lumpatan Kecamatan Sekayu, untuk kecamatan lain Desa Epil, Teluk, Lais, Teluk Kijing III dan Desa Purwosari, Selasa 8/6/21.

Hadir dalam sosialisasi Kebid Linjamsos, Mat Darul, S.Sos, Kasi Jaminan Keluarga, Malian AR, Korkab Kementrian Sosial Kabupaten Muba, Arniliana, SKM, Korcam Reswahadi, S.Pd beserta Segenap SDM PKH Kecamatan Lais, Kedes, Kadus beserta RT dalam wilayah Kerja PKH Kecamatan Lais.

Kegiatan ini juga sebagai bentuk pengawasan terhadap petugas pendamping yang telah ditunjuk untuk masing-masing Desa dan kelurahan. Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Mat Darul, S.Sos menjelaskan bahwa PKH merupakan program prioritas penanggulangan kemiskinan, yang bertujuan membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik), termasuk akses terhadap berbagai program perlindungan sosial lainnya yang merupakan program komplementer secara berkelanjutan.

Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, ada beberapa KPM PKH yang telah menunjukkan kenaikan kesejahteraan yang signifikan, namun demikian ada pula yang telah bertahun-tahun mengikuti program ini masih belum mampu keluar atau Graduasi, KPM 2013 sudah delapan tahun mendapatkan bantuan, maka diharapkan dapat keluar dari PKH.

“Kepesertaan PKH Tahun 2013 diharapkan dapat di Graduasi Mandiri apabila sampai dengan Batas Tahap IV Tahun 2021 maka akan Keluar dari kepesertaan PKH, terkait kebijakan berlaku Nasional” ujar Ketua PPKH Muba.

KPM yang telah mulai meningkat kesejahteraannya diharapkan pada tahun berikutnya sudah keluar dari program terutama KPM Tahun 2013, sedangkan KPM yang masih belum menunjukan perubahan kesejahteraan ke arah yang lebih baik diberikan motivasi dan semangat. KPM yang dalam keluarganya sudah tidak memiliki ibu hamil, anak usia sekolah, dan penyandang disabilitas berat secara otomatis akan keluar dari program PKH.

Hal senada disampaikan oleh Korkab Kementrian Sosial Kabupaten Muba, Arni Liana, SKM menyampaikan hal yang sama terkait KPM tahun 2013 disosialisasikan akan berakhirnya kepesertaan dalam program bansos PKH, hal ini sesuai Pendum halaman 35 terkait kepesertaan hanya sebatas 6 Tahun.

“Sesuai dengan peraturan yang menjadi acuan dalam pelaksanaan PKH mewajibkan kepesertaan paling lama 5-6 Tahun, secara program kepesertaan akan habis masa aktif atau transisi kepesertaannya.” Ujar Korkab yang sering disapa Ici ini.

Ditambahkan oleh Korkab Kementrian Sosial wilayah II Kabupaten Muba, Ika P membenarkan adanya sosialisasi di mulai dari Desa Lumpatan dilanjutkan ke kecamatan Lais, ini merupakan sosialisasi terkait kepesertaan PKH Tahun 2013 untuk siap-siap akan berakhirnya program bansos PKH, pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Purwosari H. Mustamil Jali diwakilkan oleh perangkat Desa, Angkara Kepala Dusun 3 Desa Purwosari menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Dinsos, Pendamping PKH yang telah mensosialisasikan terkait akan berakhir kepesertaan PKH Tahun 2013, dengan harapan setelah keluar dari kepesertaan masih bisa mendapatkan bantuan lain selain PKH dan bisa mendapatkan bantuan modal usaha atau untuk dapat meningkatkan kemandirain KPM tersebut.

(Joni Karbot)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Peduli Pendidikan, Polsek Tungkal Ilir Luncurkan Progam Ajaib

  lintassumatera.com | Tungkal Ilir, Banyuasin - Sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan, terutama anak-anak yang pergi dan pulang sekolah dengan jarak rumah yang cukup...

Warga RT 05 Dusun 02 Desa Saleh Jaya Bangun Jembata Secara Swadaya.

  lintassumatera.com | Air Salek, Banyuasin – Dalam rangka mempermudah akses pengangkutan hasil pertanian warga RT 05 Dusun 02 desa Saleh Jaya Kecamatan Air Salek...

Fauzi Amro, Nahkodai MPW PP Sumsel

Gubernur Sumsel H Herman Deru meminta Pemuda Pancasila di Provinsi Sumatera Selatan solid dan up to date perkembangan teknologi di segala zaman. Hal tersebut di...

Jadi Pembina Upacara, Ini Pesan Kapolsek Betung Kepada Peserta Upacara

  lintassumatera.com | Betung, Banyuasin - Kapolsek Betung, Iptu Gunawan S, SH, M.Pd menjadi pembina upacara di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Betung, didampingi...

Recent Comments