Senin, Juni 21, 2021
Beranda Sumsel Banyuasin Mengacu Ketentuan Surat Edaran Satgas Covid-19 No. 9 Tahun 2021, Desa Bintaran...

Mengacu Ketentuan Surat Edaran Satgas Covid-19 No. 9 Tahun 2021, Desa Bintaran Bangun Dua Posko Penanganan Covid-19.

Lintassumatera.com | Banyuasin – Satgas Penanganan Covid-19 telah mengeluarkan Surat Edaran No. 9 Tahun 2021 tentang Ketentuan Pembentukan Pos Komando (Posko) Penanganan Covid-19 Dalam Rangka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Di tingkat Desa/Kelurahan (PPKM Mikro).


Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan pembentukan Posko Covid-19 untuk penanganan pandemi mulai dari hulu yaitu dengan upaya pencegahan. Tujuan pembentukan posko untuk melakukan pemantauan, pengendalian, dan evaluasi perkembangan kasus Covid-19 di tingkat mikro, khususnya selama PPKM Mikro.

“Dengan memanfaatkan sumberdaya manusia dan semangat gotong royong, agar intevensi lebih efektif maka dibentuklah posko diseluruh desa dan kelurahan di Indonesia,” jelasnya menyampaikan keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Selasa (16/2/2021) yang disiarkan kanal YouTube BNPB Indonesia.

Posko memiliki fungsi pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung. Dalam menjalankan fungsinya itu, posko dapat mengacu panduan teknis, pembentukan dan operasional posko penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan.

Terkait anggaran, pemerintah daerah dan masyarakat tidak perlu khawatir karena telah dianggarkan dari dana desa masing-masing daerah. Rinciannya, diatur dalam Instruksi Mendagri No. 3 Tahun 2021 dengan surat edaran Dirjen Perimbangan Keuangan No. SE.2/PK/2021.

Dalam rangka upaya pengendalian penyebaran Covid-19, desa maupun kelurahan yang berada di wilayah Kabupaten Banyuasin juga turut bersiap diri dengan adanya kebijakan ini.

Salah satunya Desa Bintaran Kecamatan Air Salek Kabupaten Banyuasin yang sudah melaksanakan pembuatan dua posko.

Sebagai tindak lanjut Surat Edaran Satgas Covid-19 No. 9 Tahun 2021 tersebut Tim Relawan Satgas Covit 19 Desa Bintaran membuat posko jaga PPKM Skala Mikro berbasis Desa untuk nantinya berfungsi sebagai posko penanganan Corona Virus (Covid-19) tingkat Desa.

Jumlah keseluruhan posko di Desa ada dua unit dan selain itu juga dipersiapkan satu unit rumah Isolasi, posko 1 berada di Dusun 1 RT 01 dan posko 2 berada di Dusun 04 Rt 09. Jelas Rondi Kepala Desa Bintaran, Senin (07/06).

Lanjut Rondi, menindaklanjuti Instruksi Mendagri tentang pemberlakuan PPKM Mikro yang nantinya posko tingkat desa melakukan fungsi pencegahan, penanganan, pembinaan, dan mendukung pelaksanaan penanganan Covit 19 yang di ketuai Kepala Desa Bintaran dibantu perangkat dan mitra desa juga berkoordinasi dengan satgas covit 19 desa serta Instansi TNI dan POLRI. Tutupnya.
(Mul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Muara Padang Kembali Melakukan Pemagian BLT DD Secara Door To Door.

Lintassumatera.com | Banyuasin - Pemerintah Desa Muara Padang kembali bagikan BLT DD periode bulan April 2021. Dalam pembagian tersebut, sebanyak 203 KPM yang di sampaikan...

Nahkodai DPD Pan Banyuasin, Tismon akan buktikan dengan kinerja dan loyalitas serta totalitas untuk meraih cita-cita partai

Lintassumatera.com | Banyuasin - Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) akhirnya resmi menunjuk Tismon Sugiarto, anggota DPRD Fraksi PAN Kabupaten Banyuasin sebagai Ketua...

Tim Tujah Polsek Mariana Dor Residivis Kambuhan Asal Palembang

Lintassumatera.com | Banyuasin - Tim "Tujah" (Tangkap ungkap kejahatan) Polsek Mariana lagi - lagi melakukan penangkapan pelaku kejahatan di wilayah hukum Polsek Mariana. Di pimpin...

TK Al-AZIZ Mulai Buka Pendaftaran Murid Baru

Lintassumatera.com | Banyuasin - Kabar gembira bagi orang tua yang memiliki anak yang akan masuk sekolah, khususnya Taman Kanak kanak, karena saat ini TK...

Recent Comments