Sabtu, Januari 28, 2023
Beranda Uncategorized Musrenbangdes Upang Makmur Tentukan Arah Kebijakan Pemerintah Desa 

Musrenbangdes Upang Makmur Tentukan Arah Kebijakan Pemerintah Desa 

 

lintassumatera.com | Makarti Jaya , Banyuasin – Pemerintah Desa Upang Makmur melaksanakan rapat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbangdes) yakni forum musyawarah tahunan untuk disepakati dalam Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun anggaran 2023.

 

 

Pelaksanaan Musrenbangdes tahun anggaran tahun 2023 dan sekaligus daftar susulan untuk tahun 2024. Acara tersebut diselenggarakan di Kantor Desa Upang Makmur Kecamatan Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin, Kamis (01/12).

 

Acara ini melibatkan berbagai unsur elemen aparat desa dan unsur masyarakat.

 

Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa) adalah dokumen perencanaan untuk periode 1 (satu) tahun dan merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa).

 

RPJM Desa adalah dokumen perencanaan desa untuk periode 6 (enam) tahun yang mengambarkan rancangan kerangka ekonomi desa, program prioritas desa, rencana kerja dan pendanaan serta prakiraan maju, baik yang dilaksanakan oleh pemerintah desa maupun yang ditempuh dengan gotong royong atau partisipasi masyarakat desa/Swadaya.

 

Kepala Desa (Kades) Dedy Sugianto,S.IP.MSi dalam sambutan nya mengatakan, setelah melewati tahapan Musyawarah Tingkat Dusun (Musdus), Musyawarah Tingkat Desa (Musdes), dan untuk memantapkan semua itu digelarlah Musrenbangdes.

 

Dedy Sugianto,S.IP.M.Si menjelaskan, sesuai Peraturan Menteri Desa, PDTT Nomor 21 Tahun 2020 Pasal 22 ayat (4), bahwa RKPDes yang telah disusun ditetapkan dengan peraturan desa dan disepakati atau disetujui bersama BPD.

 

 

“Tujuannya adalah untuk menentukan arah kebijakan pemerintah desa, baik dalam sektor pembangunan, pembinaan, pemberdayaan, ataupun penyelenggaraan pemerintah yang akan dilaksanakan di tahun 2023,” jelas Dedy Sugianto,S.IP.MSi.

 

Melalui kegiatan ini ia berharap, semua rancangan dapat terwujud serta tercapainya pemanfaatan potensi desa secara maksimal, efisien dan efektif.

 

“Semoga pembangunan desa di tahun 2023 lebih baik lagi sesuai skala prioritas, menuju desa yang maju, mandiri, dan sejahtera,” pungkas dia.

 

Adapun Usulan Proritas.

1.Pembangunan Pengerasan Jalan Desa Sepanjang 1.500.000 Meter.

 

2.Pembangunan Jembatan Dalam Desa Sepanjang 3M.X26 Satu Unit.

 

3. Pembangunan Jalan Penghubung 3000 Km dan Pembangunan Dermaga Penyeberangan Desa Upang Makmur Kecamatan Makarti Jaya Dan Kecamatan Air Salek.**Mul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Dengar Progam Jum’at Curhat, Polsek Betung Dengar Arpirasi Warga

lintassumatera.com | Banyuasin - Dengan bertajuk tema ‘Jum’at Curhat’ Polsek Betung yang dipimpin langsung oleh Kapolsek AKP Gunawan S, SH, M.Pd, menyambangi warga Desa...

Bupati Askolani : Tetap Berikan Pelayanan Terbaik Untuk Masyarakat Kabupaten Banyuasin

  Lintassumatera.com | PALEMBANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyuasin sukses mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakontek) sekaligus memperingati Hari Gizi Nasional Ke-63 yang dilaksanakan...

936 PPS SE Banyuasin Resmi Di Lantik, Ini Pesan Ketua KPU 

lintassumatera.com | Banyuasin - Bupati Banyuasin H. Askolani dan Wakil Bupati H Slamet Sumosentono menghadiri pelantikan dan pembekalan 936 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS)...

“Pecah Telok” SMSI Banyuasin Laksanakan Rakerda Pertama Se Sumsel Tahun 2023

  lintassumatera.com | Banyuasin - Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Banyuasin menggelar rapat rencana kerja tahun 2023 di Auditorium Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin, Kamis (19/01/2023). Rapat...

Recent Comments